Sabtu, 20 November 2010

Angka Keberuntungan dan Angka Kesialan dalam Budaya Jepang

Si Angka Tujuh

Sumber: Namiko Abe
The Number Seven

Tampaknya setiap kebudayaan memiliki angka keberuntungan dan kesialannya masing-masing. Di Jepang, angka empat dan Sembilan diketahui sebagai agka kesialan karena cara pengucapan keduanya. Angka empat diucapkan shi yang memiliki kesamaan pengucapan dengan kematian. Angka Sembilan diucapkan ku yang memiliki kesamaan pengucapan seperti penderitaan atau penyiksaan.

Selain itu tidak ada pula tempat duduk nomor 4, 9, 13 dalam pesawat terbang di The All Nippon Airways [kenapa tulisannya dibuat kapital ya? Itu maksudnya nama sebuah pesawat terbang atau artinya ‘semua pesawat terbang Jepang’..].

Di sisi lain, nomor 8 dianggap sebagai sebuah angka keberuntungan. Ini dikarenakan bentuk dari karakter kanji angka 8 itu sendiri. Dua stroke yang besar di bawah seperti menunjukkan saat yang lebih baik atau hal-hal yang lebih baik di masa depan. << [lho kok jadi membicarakan angka 8? ^^]

Lanjuut..

Angka tujuh muncul sebagai angka keberuntungan universal atau angka yang suci. Ada banyak terminologi yang termasuk ke dalam angka tujuh., misalnya: tujuh keajaiban dunia, tujuh dosa yang mematikan, tujuh kebajikan, tujuh samudera, tujuh hari dalam seminggu, tujuh warna spektrum [maksudnya, warna pelangi, mungkin ya bigsmile], tujuh kurcaci dan lain-lain.
“Tujuh Samurai” [Shichi-nin no Samurai] adalah film klasik jepang yang disutradarai oleh Akira Kurosawa yang kemudian dibuat ulang ke dalam judul “The Magnificent Seven [maksudnya, Si Tujuh Yang Mengagumkan, bukan yah bigsmile]. Agama Budha mempercayai pada tujuh reinkarnasi. Orang-orang Jepang merayakan tujuh hari setelah kelahiran si bayi, dan masa berkabung selama tujuh hari dan tujuh minggu setelah kematian.


Shichi-fuku-jin

Shichi-fuku-jin [adalah dongeng Jepang tentang Tujuh Dewa Keberuntungan. Para dewa yang lucu-lucu ini sering digambarkan mengendarai kapal laut berharga [takarabune]. Mereka menjaga berbagai barang ajaib seperti sebuah topi yang tak kelihatan, kain brokat gulung, dompet yang tidak ada habis-habisnya [bigsmile], sebuat topi hujan keberuntungan, jubah bulu burung, kunci-kunci untuk masuk ke dalam rumah berharta karun dan buku-buku penting dan banyak gulungan.

Di bawah ini merupakan nama-nama istimewa dari para Shichi-fuku-jin tersebut.

>> Daikoku adalah dewa kesehatan dan pertanian.
Ia membawa sebuah tas besar berisi harta karun di punggungnya dan uchideno-kozuchi [palu keberuntungan] di tangannya.

>> Bishamon adalah dewa perang dan prajurit.
Ia memakai baju baja, penutup kepala dan sebuah pedang di lengannya.

>> Ebisu adalah dewa dari para nelayan dan kesehatan.
Ia menjaga sebuah tai merah yang besar [jenis ikan segar di Eropa genus Abramis] dan batang kayu untuk memancing.

>> Fukurokuju adalah dewa panjang umur.
Ia memiliki kepala botak yang panjang dan janggut putih.

>> Juroujin adalah dewa panjang umur yang lainnya.
Ia memakai* janggut putih yang panjang dan topi pelajar dan sering ditemani oleh seekor rusa yang merupakan utusannya.

>> Hotei adalah dewa kebahagiaan.
Ia memiliki wajah yang ceria dan memilki perut yang gembul.

>> Benzaiten adalah dewi musik.
Ia menjaga sebuah biwa [mandolin buatan Jepang].


Nanakusa

Nanakusa artinya tujuh tumbuhan. Di Jepang, ada semacam tradisi untuk memakan nanakusa-gayu [bubur nasi yang terdiri dari tujuh tumbuhan] pada tanggal 7 Januari. Tujuh tumbuhan ini disebut haru no nanakusa [tujuh tumbuhan dari musim semi]. Ini dikatakan bahwa tumbuh-tumbuhan ini akan menghilangkan setan dari tubuh dan mencegah penyakit. Juga, orang-orang Jepang biasanya makan dan minum terlalu banyak pada Tahun Baru, [jadi yang dibutuhkan adalah] makanan ideal yang ringan dan sehat dengan banyak vitamin.

Selain itu juga ada aki no nanakusa [tujuh tumbuhan dari musim gugur] tapi biasanya mereka tidak dimakan dan digunakan sebagai hiasan untuk merayakan panjangnya siang dan malam [selama] seminggu atau bulan purnama di September.

>> Haru no Nanakusa – Seri [Japanese parsley], Nazuna [shepherd’s purse], gogyou, hakobera [chickweed], Hotokenoza, Suzuna, Suzushiro.

>> Aki no Nanakusa - Hagi [bush clover], Kikyou [Chinese bellflower], ominaeshi, Fujibakama, nadeshiko [pink], Obana [Japanese pampas grass], Kuzu [arrowroot].


Pepatah yang Mengandung Angka Tujuh

“Nana-korobi Ya-oki secara harfiah berarti “jatuh tujuh bangkit delapan” [eh atau "tujuh jatuh bangkit delapan" ya? bigsmile]. Kehidupan itu ada pasang surutnya, maka dari itu dibutuhkan keberanian untuk terus maju tak peduli beratnya kehidupan yang dijalani tersebut.
Shichiten-hakki adalah satu dari yoji-jukugo [gabungan empat karakter kanji] juga memiliki makna yang sama.


Di bawah ini tentang tujuh dosa besar yang mematikan [menurut budaya Jepang]..

>> Kebanggaan [Kouman]
>> Ketamakan [Donyoku]
>> Cemburu/Iri Hati [Shitto]
>> Kemurkaan [Gekido]
>> Nafsu Birahi [Nikuyoku]
>> Kerakusan [Boushoku]
>> Kemalasan [Taida]


Dan tujuh kebajikan..

>> Kepercayaan [Shinnen]
>> Harapan [Kibou]
>> Derma/Amal [Jizen]
>> Keuletan/Ketabahan
>> Keadilan [Seigi]
>> Kesederhanaan [Sessei]
>> Kebijaksanaan [Shinchou]

___

Wadduh.. Kok sulit sekali ya menerjemahkan artikel ini.. Sampai-sampai ada beberapa kalimat yang sengaja dibiarkan tetap dalam Bahasa Inggris saking mentoknya.. >_<

Empat, tujuh, tiga belas.. Haa..

Maap beribu maapp kalau masih ada kesalahan teknis dalam penerjemahan.. bigsmilev

1 komentar:

widi sugandi mengatakan...

============================

Infonya Mantap Gan!. Makasih buat yang punya blog udah berbagi info. Semoga blog/web ini makin mantap dan tambah banyak pengunjungnnya..

============================

Kita ikutan bagi-bagi info juga buat para pengunjung situs/blog ini. Infonya seputar LELANG HOT.

Info ini cocok buat Agan atau Sist yang senang belanja gadget dengan cara yang berbeda dari biasanya.

Buat yang baru tahu LELANG HOT. Ini adalah situs lelang online dengan alamat situs: www.lelanghot.com. Sebagai situs Lelang online, Lelang Hot menawarkan berbagai produk gadget berkualitas yang bisa didapat dengan harga lebih murah hingga 50% dari harga di pasaran.

Konsep yang diterapkan pada situs ini adalah entertainment shopping yang mengadopsi mekanisme game. Di mana LELANG HOT akan memberikan pengalaman menarik bagi orang-orang yang ingin berbelanja atau memiliki sebuah gadget.

LELANG HOT menarik karena menawarkan konsep yang menantang dan sekaligus menyenangkan. Peserta lelang dituntut untuk cerdas saat melakukan penawaran sehingga dapat menjadi penawar terakhir yang akan mendapatkan gadget-gadget menarik.

Untuk mengikuti lelang, caranya mudah. Agan atau Sist cukup melakukan REGISTRASI, kemudian BELI POINT, lalu IKUTAN LELANG.

Biasanya, LELANG HOT mengadakan program promo, bisa dalam bentuk lelang geratis (bagi-bagi point geratis) yang nilainya bisa sampai ratusan ribu rupiah.

Waktu melakukan registrasi, coba cek kolom Promotion Cede, kalau kolom tersebut sudah terisi kode, berarti sedang ada promo. Promo tersebut, biasanya buat para pengunjung baru yang mau nyoba ikutan lelang.

Point yang didapat dari promo ini, hanya bisa dipakai buat ikutan lelang di box lelang yang statusnya geratis. Tapi jangan khawatir. Barang yang dilelangnnya juga mantap-mantap, seperti:

* SONICGEAR 2GO NOW - Apple Green
* SanDisk microSDHC Memory Cards - 8G
* The Body Shop White Musk® Eau De Toilette 30ml
* V-GEN Micro SDHC 16GB
* PHILIPS SHE 3582
* Dll.

Untuk mengetahui program apa saja yang lagi berjalan. Langsung cek aja ke TKP!

Untuk yang mau ikut gabung bisa langsung klik di sini:

KLIK DI SINI UNTUK MASUK LELANG HOT

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar