Minggu, 13 September 2009

Adobe Tawarkan Format Video Baru

Adobe kini tawarkan format baru Raw video. Format ini disebut menjanjikan kualitas tinggi, langsung dari sensor kamera. Format tersebut bernama CinemaDNG.
adobe-logo.jpg

"Dalam sebuah kinerja proses sinematografi digital, proses capture dikerjakan oleh software dan hardware dalam sebuah kamera, sebelum disimpan dalam storage. Saat sebelum masuk storage itu, data pun sangat riskan rusak, apabila proses terganggu. CinemaDNG menghindari permasalahan ini, dengan meng-capture raw data secara langsung dari sensor kamera." ujar keterangan resmi dari Adobe.

Sebelumnya, perusahaan di belakang Photoshop tersebut telah mengembangakan teknologi untuk still kamera yang bernama DNG, kepanjangan dari Digital Native. Kini Adobe mencoba membawa format baru dengan nama CinemaDNG, untuk diaplikasikan pada format video.

Beberapa perusahaan telah mengaplikasikan format ini dalam produk mereka. Diantaranya: Fraunhofer, Gamma & Density, Ikonoskop, Indiecam, Iridas, MXF4mac, RadiantGrid, Synthetic Aperture, The Foundry, Vision Research, dan Weissc.

Adobe juga merilis software video editing mereka, agar dapat mengimport file CinemaDNG.

Adobe dan beberapa partisipan lainnya juga telah membuat plugin CinemaDNG bagi Adobe After Effect CS4 dan Adobe Premiere Pro CS4. Software tersebut telah tersedia secara online di Adobe Labs. (Cnet/detik)

0 komentar:

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar