Senin, 03 Agustus 2009

Materi Adm. Perpajakan Modern

Strategi Mengambil Keputusan

YANG PERLU DIINGAT
Dalam mengambil keputusan cepat, ada beberapa hal yang perlu diingat agar kualitas keputusan yang diambil bisa menjadi lebih baik.

Persiapan
Makanan dan minuman instan perlu diolah terlebih dahulu agar dapat disajikan dengan cepat. Demikian pula dengan keputusan instan. Sebelum melakukan keputusan instan, perlu ada persiapan yang matang, misalnya saja persiapan dalam bentuk penyusunan rencana aksi ataupun anggaran. Dengan perencanaan ini, semua skenario dan alternatif yang mungkin terjadi bisa dieksplorasi, sehingga masalah-masalah yang mungkin datang pun bisa diantisipasi, dan Plan B, bahkan Plan C bisa disiapkan. Dengan demikian, ketika suatu kondisi yang kurang diharapkan terjadi, pengambil keputusan bisa segera menentukan dengan cepat apa yang harus dilakukan (karena kondisi ini, ataupun yang mirip dengan ini sudah pernah diantisipasi sebelumnya).

Bukan betul atau salah
Dalam membuat keputusan, kita memilih dari beberapa alternatif, bukan memilih mana yang salah atau mana yang benar. Jadi, tidak ada keputusan yang salah atau benar. Tapi keputusan yang diambil bisa saja hasilnya tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Jadi, kita tidak perlu menyesali keputusan yang telah diambil, apa lagi terpaku pada penyesalan yang berlarut-larut ketika keputusan yang kita ambil ternyata tidak memberikan hasil yang kita harapkan.

Fokus ke depan
Setelah mengambil sebuah keputusan, apapun hasilnya, kita harus memantau terus, dan memfokuskan usaha kita untuk melakukan yang terbaik dari apa yang telah diputuskan. Kita juga bisa melakukan berbagai penyesuaian agar hasilnya bisa diarahkan untuk pencapaian tujuan yang telah ditetapkan bersama.

Libatkan pihak terkait
Dalam mengambil keputusan cepat, sedapat mungkin libatkan orang-orang yang terkait dengan keputusan yang diambil. Dengan melibatkan mereka, kita bisa mendapat masukan yang berharga, selain itu, kita bisa mengundang komitmen mereka untuk mendukung keputusan yang telah diambil. Yang bisa kita lakukan antara lain adalah menanyakan pendapat dan usulan mereka. Informasi ini bisa kita jadikan acuan untuk mengambil keputusan.

Alat bantu informasi
Pengambilan keputusan dengan cepat akan lebih efektif bila kita bisa menggunakan alat bantu, misalnya data kuantitatif dan kualitatif, ataupun informasi terkait lainnya yang bisa kita peroleh dari bagian Riset dan Pengembangan, ataupun bagian Sistem Informasi Terpadu. Data ini bisa juga kita peroleh secara cepat, mudah dan murah dari internet, dari sistem jaringan informasi terpadu, ataupun perpustakaan elektronik. Namun, sebelum menentukan data mana yang bisa digunakan, kita perlu terlebih dahulu menentukan tujuan ataupun hasil akhir yang akan kita capai, setelah itu barulah kita cari data yang sesuai untuk membantu kita dalam mengambil keputusan.

Seringkali kita harus mengambil keputusan dengan cepat tanpa dapat menunggu sampai semua informasi yang diperlukan terkumpul. Dalam kondisi seperti ini, kita bisa mencoba strategi-strategi yang telah dibahas di sini: mengacu pada prinsip acuan yang telah ditetapkan, memilih untuk mengambil keputusan atas masalah yang kontribusinya paling penting dengan dampak yang paling luas, serta memilih alternatif yang memberikan manfaat terbesar dan memiliki risiko yang paling dapat dikendalikan. Selamat mengambil keputusan.

Terlepas dari itu, berikut materi Administrasi Perpajakan Modern pada pertemuan keempat dan kelima..

Selamat membaca...

Keep spirit...

0 komentar:

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar